Smartphone Huawei

Awal pekan ini menjadi pekan yang cukup mengejutkan buat industri smarphone Global atau lebih khusus untuk Huawei. Pekan ini Huawei masuk dalam daftar hitam di amerika agar perusahaan amerika tidak melakukan bisnis dengan huawei. Hal ini mengakibatkan perusahaan IT amerika yang bekerja sama dengan google memutuskan kontrak nya. salah satunya adalah Google dengan android nya yang mencabut lisensi Android untuk huawei. Hal ini tentunya akan menyebabkan huawei tidak dapat menggunakan Android yang dikeluarkan oleh Google untuk smartphone terbaru mereka. Namun Huawei masih bisa menggunakan AOSP atau Android Open Source Project. Meski sama-sama android namun android yang dikeluarkan oleh Google sudah diracik sedemikian rupa sehingga optimal untuk smarphone.

Lalu apa efek dari dicabutnya lisensi android dari huawei oleh google ? menurut berita yang beredar, nantinya huawei tidak dapat mengakses aplikasi yang dihadirkan oleh google seperti mengakses youtube, gmail, google services bahkan tidak dapat mengakses google play. tentu hal ini sangat lah fital ketika tidak dapat mengakses google play. karena akses utama pengguna android untuk mendapatkan aplikasi adalah dengan mendownload nya dari google play. Selain itu tentunya adalah update patch security atau update versi os android mungkin akan terhenti. itu lah beberapa efek dari dicabutnya lisensi android dari huawei.

Lalu bagaimanakah huawei menanggapi masalah ini? menurut berita yang beredar kini huawei sedang menyiapkan OS pengganti android untuk smarphone mereka. OS baru yang disiapkan oleh huawei ini katanya memiliki code name “Hongmeng” . Menurut isue yang beredar Hongmeng ini nantinya akan support APK atau aplikasi yang berjalan di android saat ini. Jadi kalau misal ini benar terjadi mungkin implementasi hongmeng oleh pengguna smarphone tidak terlalu mempermasalahkan namun juga masih akan menimbulkan pertanyaan bagaimana melakukan sync dari perangkat yang sebelumnya berbasis android ke OS buatan huawei ini.

Baca Juga : https://tulisanku.id/review-honor-8x/

Patut kita coba lihat bagaimana perkembangan antara Google dan huawei ini kedepan. akankah huawei sukses menghadirkan alternatif OS baru selain android? akankah huawei kembali meraih kesuksesan mereka di pangsa smarphone global tanpa android? karena sejatinya smarphone huawei saat ini memiliki potensi yang cukup bagus. Apalagi Huawei P30 pro yang baru saja dikenalkan oleh Huawei pada awal tahun ini. dengan kemampuan kamera yang luar biasa ini sehingga dapat menggaet minat pengguna smartphone yang suka dengan fotografi.

Leave a Reply